Kamis, 12 April 2012

APLIKASI PENGOLAH KATA (Word Processing)


seperti yang kita tahu aplikasi pengolah kata (word processing) sangat diperlukan pada saat saat kita akan membuat makalah, laporan, artikel dan sebagainya. Mungkin bagi beberapa orang aplikasi pengolah kata hanya MS Word (microsoft word) saja. Ini karna aplikasi ini memang sangat familiar dan digunakan di sistem operasi berbasis windows yang banyak digunakan di indonesia khususnya kantor dan sekolah-sekolah. Tapi kita tahu ada aplikasi pengolah kata (Word Prosesing) lain selain MS Word seperti notepad dan wordpad.

   1.     Notepad
       
             Notepad merupakan aplikasi pengolah kata bawaan sistem  operasi Windows. Jadi  setiap menginstal Windows notepad biasanya otomatis akan ter-instal.
Notepad merupakan editor teks yang sederhana, Notepad biasanya digunakan oleh pembuat program untuk menuliskan kode program atau merubah konfigurasi contohnya untuk merubah HTML.

apakah yang dimaksud dengan notepad?
        
 
Notepad adalah aplikasi pengolahan kata bawaan dari Windows yang biasa digunakan untuk menulis keterangan-keterangan yang penting dari program aplikasi seperti halnya lisensi program atau yang lainnya. Notepad juga bisa berguna untuk berbagai macam keperluan, seperti membuat file CSS, Javascript untuk format web, dan pembuatan listing pemrograman, seperti Java dan berbagai kegunaan lain

Kelebihan notepad :
1.     notepad bisa digunakan untuk mengetikkan script php,html,sql,dll
2.     notepad  bisa digunakan untuk mengunci folder dan bahan design classic.
3.     Formatnya bisa diubah-ubah sesuai jenis bahasa komputer yg kita inginkan
4.     kecepatan dan kemudahan dalam pengoperasinya juga mudah digunakan
kekurangan notepad :
1.     merupakan text editor paling sederhana (basic text editor)
2.     penggunaan karakter terbatas
3.     tidak dapat menampilkan tabel, gambar, dan karakter khusus
4.     bersifat manual 
 

   2.     wordpad
    
  
Wordpad sendiri merupakan aplikasi pengolah kata bawaan dari sistem operasi Windows. Walaupun bawaan dari Windows, Wordpad mempunyai fitur yang lebih lengkap dari saudaranya yaitu Notepad karena Wordpad mempunyai kemampuan menyisipkan tanggal, obyek, memformat tulisan, meratakan paragraf, memasukan bullet dan mengatur tabs sebuah tulisan. Untuk menjalankan Wordpad hampir sama dengan Notepad.WordPadhampir sama dengan Notepad, keduanya sama-sama dipergunakan untuk menulis dan mencatat. Perbedaannya, dengan menggunakan WordPad, kita bisa mengubah jenis huruf, ukuran huruf, dan format huruf dengan mudah. kita juga bisa menentukan ukuran besar kertas yang akan kita pakai sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan ajukan komentar